Minggu, 23 September 2007

Bersama dr. Oetomo Hadisoedarmo
Mencegah Serangan Asma dengan Laserpuntur

Apa gejala Asma?

Napas pendek dan cepat disertai suara mendengik bernada tinggi (wheezing), batuk batuk, dada terasa sesak dan berat, duduk tegak condong ke depan dan untuk bernapas harus dibantu oleh otot otot leher dan dada.
Bila terjadi warna kebiruan pada bibir dan ujung jari menandakan adanya kekurangan suplai oksigen dalam darah. Harus segera ditangani secara darurat di rumah sakit.


Apakah batuk dengan rasa sesak ringan merupakan gejala Asma?
Ya, itu dapat merupakan gejala awal dari serangan Asma. Serangan ini dapat timbul setiap saat, tetapi pada umumnya terjadi dini hari yaitu setelah pukul 01.00 malam sampai jam 06.00 pagi . Sehingga tidur menjadi terganggu. Pasien terbangun karena batuk pada pagi hari disertai rasa berat dan sesak di dada.

Kenapa hal ini terjadi?
Adanya proses peradangan pada saluran napas akan menyebabkan penyempitan dan produksi lendir berkelebihan, sehingga mengakibatkan gangguan aliran udara yang masuk ke paru paru. Pasien menjadi panik karena napas menjadi sesak dan harus mengeluarkan tenaga ektra waktu manarik dan mengeluarkan napas.

Apa pemicu serangan Asma?
Setiap penderita mempunyai pemicu yang berbeda beda, tapi pada umumnya adalah asap (terutama rokok), debu rumah ( kacoa, tungau, jamur), binatang piaraan (bulu kucing, dst), serbuk bunga, udara dingin, olah raga berlebihan, stress dan infeksi pernafasan.

Apakah laserpuntur dapat mencegah serangan Asma?
Ya, tepat sekali. Terapi dengan laserpuntur akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap pemicu serangan Asma. Saluran pernafasan menjadi lebih kebal dan terlindungi dari allergen dan polutan oleh karena adanya peningkatan imunitas tubuh setelah terapi.

Apa Laserpuntur?
Terapi ini berdasarkan metode akupungtur yang sudah terbukti keampuhannya sejak 5.000 tahun lalu. Pada Laserpuntur digunakan sinar laser sebagai penggnti jarum.
Dengan menstimulasi/ menyinari titik titik akupungtur pada daerah punggung dan dada atas, leher belakang dan muka, serta di tangan dan kepala, maka sistim imunitas tubuh khususnya pada sistim pernafasan akan dibangkitkan sehingga mempunyai daya tahan terhadap pemicu serangan Asma.

Mengapa sinat laser infra merah (infra red) dapat menggantikan jarum akupuntur?
Sifat dari sinar laser adalah bergerak sejajar ke depan (seperti garis lurus) dan laser infra merah (infrared) dapat menembus jaringan lunak tubuh sedalam kurang lebih 5 cm


Apakah laserpuntur menimbulkan rasa nyeri?
Sama sekali tidak ada rasa nyeri, hanya terasa sedikit hangat

Apakah Sinar laser infrared berbahaya?
Dengan kekuatan hanya 5 sampai 300 mW dan dalam waktu beberapa puluh detik saja, maka sinar laser infrared ini tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan, kecuali bila kena mata.

Apakah jenisnya sama dengan sinar laser untuk tindakan medik dalam bidang bedah, kulit, gigi, mata dan memecah batu ginjal?
Jelas berbeda, pada Laserpuntur dipergunakan jenis semiconductor lasers yang sifatnya biostimulation sehingga mempunyai banyak keuntungan bagi tubuh manusia karena memperlancar aliran darah, meningkatkan kemampuan darah menangkap oksigen, anti nyeri, anti radang, meningkakan sistim imun.

Untuk diketahui bahwa sinar infrared banyak dikandung oleh sinar matahari pagi sebelum jam 8, sehingga berjemur pagi hari akan membuat badan terasa lebih segar dan sehat.

Berapa lama pengobatan dengan Laserpuntur?
Waktu terapi kira kira 30 menit. Sangat dianjurkan minimal 10 kali kunjungan, karena peningkatan sistim imunitasnya sudah terbentuk cukup kuat, walaupun biasanya 3 - 6 kali kunjungan sudah mulai terasa efeknya.

Apakah Laserpuntur dapat dipergunakan untuk anak anak?
Terapi ini dapat untuk semua usia. Anak pun akan menyukai metode ini karena salama terapi pasien dalam posisi duduk didampingi orang tuanya dan tidak menimbulkan perasaan takut atau nyeri.

Apakah setelah terapi akan terbebas selamanya?
Di dunia ini tidak ada yang kekal. Bila setelah beberapa bulan daya kekebalan tubuhnya mulai menurun, maka diperlukan lagi terapi penguatan dengan laserpungtur.

Bagaimana mengetahui bila imunitas mulai menurun?
Mulai terasa gatal di mulut dan batuk batuk dan dada terasa berat bila terkena pemicu Asma

Apakah obat dokter harus dihentikan?
Prinsipnya obat Asma hanya dipergunakan bila diperlukan. Bila tidak ada serangan, maka obat tersebut disimpan saja.

Adakah makanan yang dianjurkan?
Sangat dianjurkan mengkonsumsi sayuran warna hijau dan buah segar. Bawang juga sangat baik karena mempunyai khasiat menghambat pengeluaran histamine (zat yang menimbulkan alergi) dari tubuh

Apakah ada makanan dan minuman yang dipantang?
Sebaiknya hindari semua produk susu oleh karena sering sebagai pemicu alergi dan meningkatkan pengeluaran lendir di mukosa saluran pernafasan.
Hindari makanan yang sudah diproses dan ditambahkan bahan pengawet. Jangan terlalu banyak konsumsi gula dan garam. Jangan makan dan minuman yang nyata nyata menimbulkan alergi pada kulit, merangsang batuk atau bersin.
Sangat baik bila melakukan vegetarian diet, yaitu tidak mengkonsumsi semua makanan dari hewan yang ternyata paling sering sebagai penyebab terjadinya alergi.

Apakah diperlukan konsumsi supplement?
Sebagai terapi nutrisi dianjurkan konsumsi vitain A,B complek, C, E yang juga berfungsi sebagai anti oksidan dengan dosis yang cukup. Sangat baik bila ditambah dengan Selenium, Magnesium dan Omega fatty acis sebagi suplemen serta ditambah dengan pemberian multivitamin.

Mengapa dianjurkan minum banyak?
Dengan minum air putih minimal 12 gelas akan membuat lembab saluran pernafasan dan akan mengencerkan lendir yang ada di saaluran napas sehingga mudah dikeluarkan..

Pada Asma yang faktor pencetusnya dipengaruhi emosi? Bagaimana pencegahannya agar tiddk terjadi serangan?
Faktor emosi - khususnya stress - juga sangat berperan terjadinya serangan Asma. Sehingga diperlukan penaganan tambahan untuk stress secara baik dengan metode relaksasi, hypnoterapi, visuaalisasi, mental imaginasi, psychoterapi, NLP dst.
Hati hati untuk emosi yang berlebihan (tertawa atau menangis) dapat merangsang serangan Asma.

Apakah Yoga dan latihan pernafasan bermanfaat?
Latihan Yoga atau olahnapas sangat bermanfaat, karena memperluas kemampuan paru menarik oksigen dengan cara bernapas dalam dan mengurangi stress. Yoga Pranayama mengajarkan banyak sekali tehnik pernafasan dan harus dilakukan setiap hari sebagai olah raga pernafasan.

Apakah pasien Asma boleh berolah raga?
Boleh - tetapi terkontrol. Jangan berlebihan sehingga terlalu lelah karena akan memicu serangan Asma. Olah raga yang terkontrol membuat pisik makin sehat dan bugar.

Penyakit apa saja yang dapat diobati dengan Laserpuntur?
Banyak penyakit dapat diobati seperti Sinusitis, bronchitis, stroke, berbagai jenis nyeri (jatuh, olah raga, asam urat, rematik), sakit kepala, sakit leher, sakit pinggang, sakit lutut, sliming, stress, depressi dstnya.

Dimanakah dapat berobat laserpungtur?
Di Jl. Kemanggisan Utama 11 F - Jakarta Barat, dan dilakukan oleh Dr Oetomo , telpon 0816 4333 501 atau 548 4459 .
Metode Laserpungtur yang dikombinasikan dengan relasasi, visualisasi dan olah-napas

Tidak ada komentar: